4 Cara mengatasi Anak kecanduan Game Online paling Efektif

Dari hari ke hari kita bisa lihat sendiri  teknologi terus mengalami perkembangan yang baik dan siginifikan. Segala sesuatu bisa dilakukan dengan serba canggih dan modern, termasuk kegiatan yang sederhana pun bisa kita lakukan dengan sangat baik berkat teknologi canggih. Salah satu contohnya adalah adanya Handphone Android atau Smartphone, yang rata rata setiap orang pasti memilikinya untuk bermain Game Online.

Anda pun yang sekarang membaca article ini telah memanfaatkan teknologi tersebut bukan? Yaa, kini kebanyakan orang tidak bisa lepas dari perangkat elektroniknya. Selain Handphone, ada juga yang memilikih untuk menggunakan tab, iPad, tablet, komputer atau bahkan laptop untuk mencari informasi terbaru sampai sebagai sarana bermain permainan online.

Apa sih game oline itu? Tentunya istilah ini sudah tidak asing lagi untuk di dengar, kebanyakan orang pun sudah menganggapnya sebagai suatu yang lumrah dan banyak digunakan. Kemudahannya yang hanya cukup bermodalkan handphone dan kuota internet anda  sudah bisa bermain game online. Permainan secara oline ini sendiri merupakan sejenis video yang berbentuk permainan yang menggunakan jaringan internet dalam sebuah perangkat komputer ataupun gadget. 

Bagaimana sih cara mainnya? tentunya orang awam akan bertanya seperti itu padahal dengan kecanggihan teknologi sekarang dimana saja anak -anak bisa memainkannya.  Lihat saja anak anda, bisa dipastikan lebih lihai daripada anda untuk memainkan game dalam perangkat android atau gadget. Selain mahir bermain game di Smartphone, jangan sampai anak anda seperti beberapa anak yang lainnya yang sudah mencapai taraf bermain game online kecanduan.

Anak yang cenderung kecanduan permainan online akan tidak bisa membagi waktu antara bermain dengan aktivitas lainnya yang sebenarnya lebih penting. Apalagi orang tua zaman sekarang tidak mau terlalu repot sehingga mencari alternatif agar si anak tidak mengganggu kegiatan orang tuanya  dengan cara membelikan gadget atau komputer dengan menyediakan kuota jaringan internet. 

Anda sebagai orang tua, perlu mencegah terjadinya kondisi kecanduan game online bagi buah hati hati anda sendiri. Bagaimana cara nya? Sebagai berikut akan berikan jawaban untuk ke khawatiran anda tersebut. Anda bisa simak hal hal penting apa yang perlu anda soroti. Selengkpanya yuk mari lihat uraian di bawah ini.

Cara Mengatasi anak Kecanduan game online

1. Memberikan jadwal kegiatan sehari -hari

Dunia anak anak memang hanya bermain, makan, belajar, sekolah dan tidur. Disini kita sebagai orang tua harus berperan aktif serta untuk memberikan batasan atau jadwal kegiatan sehari-hari yang harus ia lakukan seperti waktunya belajar, tidur, makan dan bermain. Berilah anak anda nasehat untuk lebih memprioritaskan hal yang lebih penting.
Anda juga bisa memberikan beberapa waktu khusus untuk dia bisa bermain game online misalnya hanya pada hari sabtu atau weekend, hari minggu dan hari libur sedangkan di hari biasa ia harus mengutamakan belajar. Apabila anak anda mempunyai waktu luang yang banyak untuk melakukan banyak kegiatan maka dari situ arahkan anak-anak mengikuti kegiatan diluar yang bermanfaat, seperti mengikuti extrakurikuler sekolah, karate, atau olahraga lainnya yang tidak mudah membuat anak jenuh.

2. Membiasakan anak bersosialisasi

Anak-anak yang sudah nyaman dengan dunianya biasanya akan susah bersosialisasi di lingkungan luar.  Untuk itu berilah sedikit kebebasan si anak bermain di lingkungan sekitar untuk bermain bersama teman-temannya. Sebagai contoh misalnya pada sore hari sesudah mandi. 

Daripada lebih banyak bermain di dalam rumah dengan gadget nya alangkah lebih baik untuk memberikan dia waktu diluar rumah untuk mengeksplor kemampuannya berkomunikasi dengan orang lain yakni teman temannya. Ketika bermain batasi pemberian uang kepada anak, cukup memberi kan yang di butuhkan saja. Sehingga tidak disalahgunakan oleh anak-anak untuk bermain game online di warnet.

3. Berikan Perhatian dan dengarkan curahan hatinya

Pada umumnya kebanyakan anak yang mulai stress dengan kegiatan yang melelahkan seperti bersekolah, tugas, Pekerjaan rumah atau PR, akan memilih untuk rekreasi atau merefresh otak melalui game online. Padahal pada dasarnya, bermain game bukanlah cara yang tepat untuk refreshing. Lebih baik untuk sesekali mengajaknya berlibur ke tempat wisata unik dan bagus untuk foto dan lain sebagainya. Bagaimana pun juga waktu bersama keluarga adalah yang terpenting.

4. Kunci gadget anda atau batasi instalan game yang berlebihan.

Biasanya si anak yang sudah berada dalam taraf suka sekali bermain permainan online ia akan mencuri waktu untuk bisa bermain game. Maka, jagalah handphone android anda, jangan sampai anak anda mengambilnya untuk bermain game. Apabila suatu ketika ia mengambil nya, pastikan sebelumnya anda telah mengunci handphone anda tersebut atau hapus instalan game yang tidak perlu. Dengan demikian, anak anda akan terhindari dari yang nama nya kecanduan online atau bahkan mengambil gadget anda tanpa izin.

Inilah beberapa tips jitu yang ampuh dalam menangani masalah ketagihan game online di perangkat elektronik anda, terkhususnya untuk anak baik yang masih kecil, remaja, ataupun dewasa. Semoga dengan adanya article ini bisa membantu peran orang tua secara aktif mengatasi hal hal yang dapat merusak pribadi sang buah hati.

Mulai lah dari sejak dini menanamkan hal positif, memang tidak ada salahnya memanfaatkan teknologi namun secara pas dan sesuai kebutuhan itulah yang baik. Apapun yang dilakukan secara berlebihan pastinya hasil yang di dapat tidak baik juga bukan? Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih sudah membaca Tips dan cara sederhana ini.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel