Wajib Baca: Persiapan Debat, Ma'ruf Amin Dilatih Khusus Manajemen Bicara

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional atau TKN, Arsul Sani mengatakan, calon wakil presiden Ma'ruf Amin mendapat latihan khusus manajemen bicara dalam debat. Cara ini dipakai, agar Ma'ruf dapat berbicara secara efektif.
"Buat Pak Kiai Ma'ruf, maka time keeping, time management. Itu waktunya pendek, tetapi keypoint-nya bisa tersampaikan. Ini kan tidak gampang," kata Arsul di Gedung DPR, Jakarta, Rabu 16 Januari 2019.
Dia menjelaskan, latihan manajemen waktu saat bicara harus menjadi perhatian. Sebab, kandidat harus menjawab dengan waktu yang singkat. Adapun secara substansi, ia pastikan Ma'ruf sangat siap.
"Kalau persiapan Pak kiai Ma'ruf, debat itu sangat siap sekali. Beliau ini tokoh NU (Nahdlatul Ulama). NU itu tiap minggu kita ada acara halaqah," kata Arsul.
Sementara itu, Arsul menambahkan, Jokowi tak dilatih khusus hadapi debat. Alasannya, eks Gubernur DKI itu dianggap sudah berpengalaman.
"Para ketum partai memberikan pengayaan-pengayaan. Itu ada, tetapi tidak sampai diksinya ini, jangan pakai ini, enggak itu juga," ujarnya.
Debat perdana capres dan cawapres akan digelar Kamis besok, 17 Januari 2019. Tema isu perdana terkait isu penegakan hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. (asp)
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel